Selasa, 26 Juni 2012

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERKEMBANGAN


PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI PERKEMBANGAN

Istilah perkembanagn berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebaga akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Seperti yang di kemukakan oleh Van den Daele “perkembanagan berarti perubahan secara kualitatif”. Ini berarti bahwa perkembangan bukan sekedar penambahan beberapa sentimeter pada tinggi badan seseorang atau peningkatan kemampuan seseurang ,melainkan suatu proses integrasi daribanyak struktur dan fungsi yang kompleks.

Perkembangan adalah perubahan yang progesif dan kontinyu (berkesimnambungan)
dalam diri individu mulai lahir sampai mati. Pengertian lainnya yaitu : Perubahan – perubhan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progesif, dan berkesinambungan baik menyangkut fisik maupun psikis.
1.       Sistematis adalah perubahan dalam perkembangan itu bersifat saling ketergantungan atau saling mempengaruhi antara bagian – bagian organisme (fisik & psikis) dan merupakan satu kesatuan yang harmonis.
2.       Progesif : perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat, dan mendalam baik secara kuantitatif (fisik) maupun kualitatif (psikis)
3.       Berkesinambungan : perubahan pada bagian atau fungsi organisme berlangsung secara beraturan.

Ciri – ciri perkembangan secara umum yaitu :
1.       Terjadinya perubahan dalam aspek fisik (perubahan berat badan dan organ – organ tubuh) dan aspek psikis (matangnya kemampuan berpikir, mengingat, dan berkreasi)
2.       Terjadinya perubahan dalam proporsi; aspek fisik (proporsi tubuh anak beubah sesuai dengan fase perkembangannya) dan aspek psikis (perubahan imajinasi dari fantasi ke realitas)
3.       Lenyapnya tanda – tanda yang lam; tanda - tanda fisik (lenyapnya kelenjar thymus (kelenjar anak – anak) seiring bertambahnya usia) aspek psikis (lenyapnya gerak – gerik kanak – kanak dan perilaku impulsif).
4.       Diperolehnya tanda – tanda yang baru; tanda – tanda fisik (pergantian gigi dan karakter seks pada usia remaja) tanda – tanda psikis (berkembangnya rasa ingin tahu tentang pengetahuan, moral, interaksi dengan lawan jenis)

Demikian tentang pengetian dan ciri ciri perkembangan semoga dapat membantu kita sumua dalam mempelajari lebih mendalam tetang perkembangan. Trima kasih. . . . .
Jangan lupa komentar nya ya  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar