KRITERIA PENAHAPAN PERKEMBANGAN
Dalam hubungan proses belajar mengajar pentahapan
perkembangan yang digunakan sebaiknya bersifat elektif (tidak terpaku pada satu
pendapat saja).
Fase – fase perkembangan individu :
1. Masa usia pra sekolah (0 – 6 tahun)
Masa ini terbagi 2 yaitu : masa vital masa dimana
individu menggunakan fungsi – fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal
dalam dunianya, dan masa estetik (keindahan) adalah masa perkembangan rasa
keindahan dimana dalam masa ini perkembangan anak yang terutama adalah fungsi
pancainderanya.
2. Masa usia sekolah dasar (6 – 12 tahun)
Masa ini disebut juga masa intelektual atau masa
keserasian bersekolah. Masa ini
diperinci menjadi 2 fase, yaitu :
1.
Masa kelas – kelas rendah sekolah dasar
Sifat – sifat yang umum
pada masa ini biasanya anak tunduk pada peraturan – peraturan tradisional,
adanya kecenderungan memuji diri sendiri, suka membanding – banding kan dirinya
dengan anak yang lain.
2.
Masa kelas – kelas tinggi sekolah dasar
Sifat – sifat khas anak
dalam masa ini antara lain : adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari –
hari, amat realistic (ingin mengetahui dan belajar), biasanya anak gemar
membentuk kelompok sebaya untuk bermain bersama – sama. Masa keserasian
berekolah diakhiri dengan masa yang disebut poeral. Sifat – sifat khas anak
pada masa poeral ini menurut para ahli yaitu :
1.
Ditujukan
untuk berkuasa (sikap, tingkah laku, dan perbuatan)
2.
Ekstraversi
(berorientasi keluar dirinya, misalnya mencari teman sebaya untuk memenuhi
kebutuhan fisiknya).
3. Masa usia sekolah menengah (12 – 18 tahun)
Masa ini dapat diperinci menjadi beberapa masa, yaitu
:
1.
Masa
praremaja (remaja awal), masa ini ditandai oleh sifat – sifat negatif pada si
remaja sehingga seringkali masa ini disebut masa negatif seperti tidak tenang,
kurang suka bekerja, pesimistik.
2.
Masa
remaja (remaja madya), pada masa ini remaja mencari sesuatu yang dipandang
bernilai, pantas dijunjung tinggi dan dipuja – puja, dan ia membutuhkan teman
yang dapat memahami dan menolongnya saat suka maupun duka.
3.
Masa
remaja akhir, masa ini remaja dapat menentukan pendirian hidupnya.
4.
Masa
usia mahasiswa (18 – 25 tahun)
4.Masa usia mahasiswa biasanya berusia 18 – 25 tahun, dan pada
masa inilah remaja memiliki pemantapan pendirian hidup.
Demikian kriteria penahapan
perkembangan semoga dapat membantu kita sumua dalam mempelajari lebih mendalam
tetang perkembangan. Trima kasih. . . . .
Jangan lupa komentar nya ya ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar