Tugas–Tugas Perkembangan Individu
Dalam perkembanagannya seorang
individu mempunyai tugas tugas dalam perkembangan nya.Salah satu prinsip
perkembangan bahwa setiap individu akan mengalami fase perkembangan tertentu,
yang merentang sepanjang hidupnya. Pada setiap fase perkembangan ditandai
dengan adanya sejumlah tugas-tugas perkembangan tertentu yang seyogyanya dapat
dituntaskan.
Tugas–tugas perkembangan ini berkenaan
dengan sikap, perilaku dan keterampilan yang seyogyanya dikuasai sesuai dengan
usia atau fase perkembangannya. Havighurst (Abin Syamsuddin Makmun, 2009)
memberikan pengertian tugas-tugas perkembangan bahwa: “A developmental task is
a task which arises at or about a certain period in the life of the individual,
succesful achievement of which leads to his happiness and to success with later
task, while failure leads to unhappiness in the individual, disaproval by
society, difficulty with later task”..
Tugas perkembangan individu bersumber
pada faktor–faktor: (1) kematangan fisik; (2) tuntutan masyarakat secara
kultural; (3) tuntutan dan dorongan dan cita-cita individu itu sendiri; dan (4)
norma-norma agama.
Untuk lebih jelasnya, di bawah ini dikemukakan
rincian tugas perkembangan dari setiap fase menurut Havighurst.
1. Tugas Perkembangan Masa Bayi dan
Kanak-Kanak Awal (0,0–6.0)
o
Belajar berjalan pada usia 9.0 – 15.0 bulan.
o
Belajar memakan makan padat.
o
Belajar berbicara.
o
Belajar buang air kecil dan buang air besar.
o
Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin.
o
Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis.
o
Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan
sosial dan alam.
o
Belajar mengadakan hubungan emosional dengan
orang tua, saudara, dan orang lain.
o
Belajar mengadakan hubungan baik dan buruk dan
pengembangan kata hati.
2. Tugas Perkembangan Masa Kanak-Kanak Akhir
dan Anak Sekolah (6,0-12.0)
o
Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk
melakukan permainan.
o
Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap
dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
o
Belajar bergaul dengan teman sebaya.
o
Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis
kelaminnya.
o
Belajar keterampilan dasar dalam membaca,
menulis dan berhitung.
o
Belajar mengembangkan konsep-konsep
sehari-hari.
o
Mengembangkan kata hati.
o
Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat
pribadi.
o
Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok
sosial.
3. Tugas Perkembangan Masa Remaja (12.0-21.0)
o
Mencapai hubungan yang lebih matang dengan
teman sebaya.
o
Mencapai peran sosial sebagai pria atau
wanita.
o
Menerima keadaan fisik dan menggunakannya
secara efektif.
o
Mencapai kemandirian emosional dari orang tua
dan orang dewasa lainnya.
o
Mencapai jaminan kemandirian ekonomi.
o
Memilih dan mempersiapkan karier.
o
Mempersiapkan pernikahan dan hidup
berkeluarga.
o
Mengembangkan keterampilan intelektual dan
konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.
o
Mencapai perilaku yang bertanggung jawab
secara sosial.
o
Memperoleh seperangkat nilai sistem etika
sebagai petunjuk/pembimbing dalam berperilaku.
4. Tugas Perkembangan Masa Dewasa Awal
o
Memilih pasangan.
o
Belajar hidup dengan pasangan.
o
Memulai hidup dengan pasangan.
o
Memelihara anak.
o
Mengelola rumah tangga.
o
Memulai bekerja.
o
Mengambil tanggung jawab sebagai warga negara.
o
Menemukan suatu kelompok yang serasi.
Sementara itu, Depdiknas (2003)
memberikan rincian tentang tugas perkembangan masa remaja untuk usia tingkat
SLTP dan SMTA, yang dijadikan sebagai rujukan Standar Kompetensi Layanan
Bimbingan dan Konseling di sekolah, yaitu :
1. Tugas Perkembangan Tingkat SLTP
o
Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
o
Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap
positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada
diri sendiri untuk kehidupan yang sehat.
o
Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman
sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita.
o
Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku
yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas.
o
Mengenal kemampuan bakat, dan minat serta arah
kecenderungan karier dan apresiasi seni.
o
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan atau
mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat.
o
Mengenal gambaran dan sikap tentang kehidupan
mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi.
o
Mengenal sistem etika dan nilai-nilai sebagai
pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan minat manusia.
2. Tugas Perkembangan Peserta didik SLTA
o
Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa
o
Mencapai kematangan dalam hubungan teman
sebaya, serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita.
o
Mencapai kematangan pertumbuhan jasmaniah yang
sehat
o
Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan
kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan
pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas.
o
Mencapai kematangan dalam pilihan karir
o
Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang
kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi.
o
Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang
berkehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
o
Mengembangkan kemampuan komunikasi sosial dan
intelektual serta apresiasi seni.
o
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan
nilai.
Demikian tugas tugas
perkembangan semoga dapat membantu kita sumua dalam mempelajari lebih mendalam
tentang perkembangan. Trima kasih. . . . .
Jangan lupa komentar nya ya ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar